Kamis, 13 Agustus 2009

Merangkum pengertian modul



2.7.PENGERTIAN MODEM
Modem singkatan dari Modulator Demolulator yang berfungsi untuk mengkonversikan data digital ke data analog dari komputer pengguna ke komputer server melalui jalur telpon dsb.





MODEM DIAL UP DIBAGI 2 MACAM:
*Modem eksternal
Dilengkapi dengan panel atau LED atau LCD yang menampilkan info tentang apa yang sedang dilakukan oleh modem kalian,berguna untuk membantu kita permasalahan yang terjadi.tidak menggunakan slot didalam komputer.dapat dinyalakan atau dimatikan secara terpisah dari komputer dan lebih mudah dipindah tempatkan .didaerah yang rawan dengan masalah petir lebih aman menggunakan modem eksternal.

*Modem internal
Mudah dipasang,lebih murah karena tidak memiliki case dan power supply terpisah,mencegah orang lain untuk bertindak iseng terhadap modem karena terletak didalam komputer,tidak menggunakan kabel yang semerawut,menghemat tempat dan menghemat biaya untuk membeli kabel serial.
2.8 INSTALLASI MODEM
Petunjuk instalasi modem yang diikutsertakan dalam setiap pembelian.
2.8.1 Pemasangan Modem Eksternal
Memasang modem eksternal lebih mudah karena tidak harus repot-repot membuka casing komputer.yang dibutuhkan hanya obeng minus dan kabel modem.siapkan kabel modem sesuai dengan jenis COM Port yang ada dikomputer.
1.Pastikan komputer sudah dimatikan.pasangkan kabel modem ke modem dan konektor satunya lagi ke COM Port yang umumnya terletak dibelakang komputer dan pastikan bahwa kabel tersebut telah terpasang dengan baik dan kencangkan bautnya yang terletak disamping-samping konektor kabel modem tersebut dengan obeng.


2.Lalu sambungkan modem ke sambungan telepon dengan menggunakan kabel telepon yang telah dipasangkan RJ-11 ke konektor yang bertuliskan "line"yang tertera dimodem.jika ingin menggunakan telepon maka sambungkan pula konektor pada modem yang bertuliskan "phone" ke telepon dengan menggunakan kabel telepon yang sejenis.


3.Setelah itu pasangkan konektor adaptor ke modem,sambungkan adaptor ke steker listrik.


4.Nyalakan komputer dan modem,apabila lampu modem berkerja / berkedip maka kita siap untuk menginstall softwarenya.jika tidak bekerja ,periksa kembali semua sambungan.jika telah terpasang dengan baik ,kemungkinan terjadi kerusakan pada modem atau kabelnya.


install software untuk modem,ikuti perintah yang ada dilayar monitor,pilih COM Port tempat terpasangnya modem(COM 1,COM 2, dsb).jika modem memiliki features plug-and-play,maka saat instalasi Window 9x akan langsung dapat mengenali konfigurasinya.


2.8.2 PEMASANGAN MODEM INTERNAL


Memasang modem internal dapat menjadi sangat mudah,modem internal merupakan kartu internal yang dipasang didalam komputer,maka pemasangannya lebih sulit daripada modem eksternal.


1.Matikan komputer,cabut kabel powernya -supply nya dan bukan casing komputernya.


2.Sekarang pilih slot kosong untuk modem tersebut.pada umumnya modem menggunakan slot 8-bit dan 16-bit yang dapat dipasang pada slot ISA.untuk modem model terbaru menggunakan slot 64-bit dan dapat dipasangkan pada slot PCI {kecuali untuk modem jenis terbaru yaitu AMR-Audio Modem Riser yang menggunakan slot khusus}


3.Lepaskan besi penutup slot yang ada dibelakang komputer.jika menggunakan baut gunakan obeng yang sesuai dan simpan baut tersebut.


4.Keluarkan modem dari dalam bungkusannya dengan hati-hati.pasangkan modem ke dalam slot yang tersedia serta pastikan telah terpasang dengan baik.


5.Pada bagian belakang modem terdapat plat besi yang menutupi lubang yang pada langkah ke 3 kita buka ,kencangkan dengan baut yang tersisa.


6.Sekarang sambungkan kabel telepon ke modem,dari terminal telepon ke "line"pada modem,lalu dapat menghubungkan ke telepon melalui konektor yang ada disebelahnya yang bertuliskan "phone"


7.Lalu sambungkan kembali semua kabel pada komputer dan nyalakan komputer.lebih baiknya untuk sementara biarkan saja dulu casing komputer tetap terbuka sampai berhasil menjalankan modem dengan baik,kemungkinan kita harus melepas kembali modem tersebut.



jika sudah dilaksanakan ,dilanjutkan dengan meng-install driver beserta softwarenya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar